Prosesor core i3,i5,i7 generasi 2


Sandy Bridge adalah code name untuk keluarga prosesor terbaru dari Intel. Nama resmi untuk Sandy Bridge adalah prosesor Intel Core generasi kedua. Generasi pertama Intel Core adalah Core i3, i5 dan i7 yang sudah lama berada di pasaran.
Untuk komputer desktop, Intel meluncurkan beberapa seri prosesor, seperti Core i7-2600, Core i5-2500, i5-2400, i5-2300 dan Core i3-2100. Sementara untuk notebook, tersedia Core i7-2900, i7-2800, i7-2700, i7-2600, i7-2500, i5-2400, i3-2300. Sudah cukup pusing? Tiap-tiap seri tersebut mempunyai beberapa varian (K, S, dan T untuk desktop, XM, QM, dan M untuk mobile) dan angka tambahan (contohnya, Core i7-2600 yang terbagi menjadi i7-2635QM, i7-2630QM, i7-2649M, i7-2629M, i7-2657M, dan i7-2617M). Tenang, Anda bisa melihat perbedaan antara semua prosesor ini di tabel spesifikasi.
[tabel spesifikasi prosesor]
Seri Intel Core i3 terbaru dijadwalkan untuk diluncurkan di kuartal kedua tahun ini. Target harga untuk prosesor Intel Core i3 diperkirakan sekitar US$ 100 ke bawah.

Kinerja yang Ditawarkan
Secara umum, kinerja yang ditawarkan Sandy Bridge bisa mencapai 20 hingga 60 % lebih cepat dibandingkan dengan prosesor sebanding dari generasi pendahulunya. Secara keseluruhan, Intel Core i7-2600K menawarkan kinerja sebanding dengan Core i7-980X, prosesor desktop tercepat dari Intel dengan enam core yang ditujukan untuk kalangan pengguna enthusiast/workstation profesional.

arch1 300x196 Apa yang Anda perlu Ketahui tentang Sandy Bridge 
komputer
Inilah feature-feature yang dimiliki prosesor Intel Core generasi kedua.
Ini saja sudah cukup mengesankan, tapi yang lebih hebat lagi mengingat bahwa ini dicapai dengan konsumsi daya 50 watt lebih hemat.

Graphics Chip di dalam Prosesor
Perbedaan utama yang paling kentara antara prosesor generasi kedua Intel Core dengan versi pertama adalah graphics chip yang kini terintegrasi di dalam prosesor. Generasi sebelumnya menempatkan graphics chip di modul yang sama dengan prosesor, tetapi secara fisik keduanya tetap terpisah. Selain itu, Anda membutuhkan graphics card tambahan terpisah untuk prosesor quad core. Dengan Sandy Bridge, Anda tetap dapat menggunakan graphics card terintegrasi, bahkan dengan prosesor quad core sekalipun.

die 300x151 Apa yang Anda perlu Ketahui tentang Sandy Bridge 
komputer
Layout fisik transistor di dalam chip/die Sandy Bridge
Untuk versi desktop, tersedia dua versi graphics chip ini – 6 dan 12 unit EU. Hanya Core i7-2600K dan 2500K yang memiliki versi 12 unit EU untuk versi desktop. Di versi mobile, semua prosesor menggunakan versi 12 unit. Lebih banyak unit, lebih baik kinerja yang ditawarkan.
Graphics chip ini juga sudah mendukung akselerasi hardware untuk beberapa codec populer seperti H.264, VC1 dan MPEG4-ASP (DivX dan XviD), baik untuk ukuran standar (standard definition) maupun besar (high definition). Artinya, prosesor bisa memasuki mode hemat daya saat Anda menonton video dengan codec di atas, termasuk video yang tersedia di website seperti YouTube.
Kinerja yang ditawarkan juga sangat baik, jauh lebih baik dari generasi sebelumnya. Bisa dikatakan, kinerja dan kompatibilitas yang ditawarkan Intel HD 3000 dan HD 2000 setara dengan graphics card terintegrasi seperti AMD Radeon HD 3300 integrated maupun NVIDIA ION.
Quick Sync
Feature yang paling banyak mendapat perhatian dari Sandy Bridge adalah Quick Sync. Ini adalah built in hardware video encoder di dalam die prosesor, tapi tetap terpisah dari core. Kini, Anda tidak perlu membebani prosesor saat melakukan video encoding untuk film-film yang Anda ingin transfer ke iPad, iPod ataupun peralatan lainnya yang dapat memutar video H.264.
Untuk dapat memanfaatkannya, Anda harus memiliki hardware (prosesor Intel Core generasi kedua) dan software yang diperlukan. Saat ini, software yang dapat memanfaatkan feature ini adalah Cyberlink Media Espresso 6 dan Arcsoft’s Media Converter 7. Intel juga telah merilis encoder plugin untuk Adobe Premiere Elements dan Premiere Pro, yang dapat Anda download langsung dari website Intel.
Chipset Baru untuk Prosesor Baru
Baik prosesor versi desktop maupun mobile Sandy Bridge memerlukan chipset baru. Selain itu, layout soket dan pad prosesor ini berbeda dengan generasi sebelumnya. Singkat kata, Anda tidak dapat memasang prosesor ini pada motherboard lama. Bila ingin menggunakan prosesor dengan platform Sandy Bridge, Anda harus membeli motherboard baru yang saat ini tersedia dalam dua pilihan chipset; yaitu Intel P67 dan H67.
LGA1056 1055.jpg 300x154 Apa yang Anda perlu Ketahui tentang Sandy
 Bridge komputer
Perhatikan perbedaan fisik antara LGA 1056 (kiri) dan LGA 1055 (kanan).
Perbedaan utama antara chipset P67 dan H67 terletak pada dukungan output graphics card (VGA). Bila ingin menggunakan graphics chip yang terintegrasi dengan prosesor, Anda harus memakai H67. Sebaliknya, bila ingin melakukan overclocking, Anda harus menggunakan chipset P67.
Untuk melakukan overclocking dengan Sandy Bridge, kami sarankan untuk memilih prosesor seri K (Intel Core i7-2600K dan i7-2500K) dengan motherboard chipset P67. Bagi yang ingin menggunakan graphics chip terintegrasi pada Sandy Bridge dan masih mendapatkan kinerja terbaik, pilihlah kombinasi Intel Core i7-2600 dan motherboard dengan chipset H67. Fasilitas overclocking seri K tidak dapat digunakan dengan chipset H67, tetapi Anda masih dapat menggunakan fitur Turbo yang secara otomatis menaikkan clock prosesor pada situasi tertentu.
limitedunlock 300x198 Apa yang Anda perlu Ketahui tentang Sandy 
Bridge komputer
Perbedaan antara prosesor seri K dan lainnya adalah batas atas overclocking.
Sedangkan untuk mereka yang ingin menggunakan dua graphics card, chipset P67 mendukung AMD Crossfire maupun NVIDIA SLI. Perlu diingat, jika menggunakan motherboard dengan chipset H67, Anda akan dibatasi hanya dapat menggunakan satu graphics card.
Sandy Bridge – Prosesor Terbaik Saat ini, Tapi Tunggu Hingga April untuk Membeli
Tidak dapat disangkal lagi, generasi kedua prosesor Intel Core ini adalah prosesor mainstream tercepat saat ini. Anda mendapatkan kinerja setara prosesor 6-core seperti Core i7 980X dengan harga yang lebih murah dan konsumsi daya lebih hemat daripada Core i3/i5 yang tersedia di pasaran. Sayang sekali, karena masalah dengan chipset P67/H67, Anda sebaiknya menunda dahulu keputusan membeli platform yang dilengkapi Sandy Bridge. Intel berjanji untuk menyamai jumlah produksi chipset di bulan April, sehingga para vendor bisa segera mengeluarkan produk-produk mereka dengan chipset yang bebas masalah. Tentunya kami akan terus meng-update berita terkini dari Intel, jadi pastikan Anda memantaunya di yangcanggih.com.
0 Responses

Posting Komentar

abcs