Sejarah Dibalik Merk Terkenal


Adobe – diambil dari sebuah nama sungai Adobe Creek yang mengalir di belakang rumah pendiri perusahaan itu, John Warnock.


Apache – Si pembuat mendapatkan nama itu ketika menanamkan patch untuk program NCSA httpd daemon. Ketika itu mucul nama ‘A Patchy’, sejak saat itu dia memberi nama Apache


Apple Computers – Itu adalah buah favorit si pendiri Steve Jobs. Dia telah terlambat selama 3 bulan dalam mengisi isian formulir pendaftaran usahanya itu pada judul nama perusahaan. Dan dia diancam bahwa perusahaannya akan diberinama Apple Computer bila dia tidak memberi saran nama lain yang lebih baik pada jam 5 saat itu.


CISCO – Nama ini bukan akronim, tapi kependekan dari San Fransisco.


GOOGLE – Nama ini dimulai dari sebuah guyonan menyombongkan diri tentang seberapa besar kemampuan search engine mengumpulkan informasi. Awalnya dinamakan ‘Googol’, sebuah kata yang berarti angka 1 kali 10 pangkat 100.


Hotmail – Si Pendiri Jack Smith mendapat ide bagaimana mengakses email melalui web dari computer mana saja di dunia. Ketika Sabeer Bhatia dating dengan bisnis plan email service, dia mencoba menemukan segala nama yang diakhiri dengan “mail” dan akhirnya dia memilih Hotmail karena mengandung kata “html”, bahasa web yang umum saat itu. Bila ditulis menjadi HoTMaiL.


HP – Bill Hewleet dan Dave Packard melempar koin untuk menentukan nama untuk perusahaan mereka, apakah Hewlett-Packard atau Packard-Hewlett.


Intel –Bob Noyce dan Gordon Moore awalnya menginginkan nama perusahaannya “Moore Noyce’ tapi ketika itu nama tersebut sudah diambil menjadi nama sebuah hotel, lalu mereka memilih akronim dari INTegrated ELectronics.


Lotus (Notes) – Mitch Kapor mendapatkan nama itu dari bab ‘The Lotus Position’ atau kitab ’Padmasana’, Kapor adalah seorang guru meditasi dari Maharishi Mahesh Yogi


microsoft – nama ini diambil oleh Bill Gates awalnya untuk merepresentasikan bahwa perusahaan ini bergerak dibidang MICROcomputer SOFTware. Awalnya ditulis Micro-Soft, tapi kemudian tanda ‘-‘ dihapus.


Motorola – Pendirinya Paul Galvin menemukan ide nama ini ketika perusahaan ini berawal membuat radio untuk mobil. Pada saat itu perusahaan pembuat radio mobil yang populer adalah Victrola.


ORACLE - Larry Ellison dan Bob Oats bekerja di sebuah proyek consulting untuk CIA. Kode proyek tersebut waktu itu adalah ORACLE (Menurut CIA, nama itu berarti sebuah system yang dapat memberi jawaban untuk segala pertannyaan atau semacamnya).



Red Hat – Pendirinya Marc Erwing ketika masih sekolah pernah diberi topi warna merah dengan garis-garis putih oleh kakeknya. Dia kemudian kehilangan topi itu lalu mencarinya hingga putus asa. Karena itulah di buku manual Red Hat Linux versi beta tertulis disana bagi siapa yang menemukan topi itu agar mengembalikannya!


Sony – Diambil dari bahasa latin ‘sonus’ artinya suara, dan ‘sonny’ adalah bahasa slank America untuk anak muda


SUN – didirikan oleh 4 orang lulusan Stanford University, sehingga SUN mengandung arti Stanford University Network.


Xerox – Pendirinya Chestor Carlson, memberi nama produknya tersebut dengan maksud mengatakan ‘keringlah’ (Karena mesin itu adalah dry copying, yang waktu itu merupakan penemuan baru diantara mesin-mesin wet copying). Dalam bahasa Yunani, ‘xer’ artinya kering.


Yahoo! – Kata ini diperkenalkan oleh Jonathan Swift dan digunakan dalam bukunya ‘Gulliver’s Travels’. Kata itu mereprentasikan seseorang yang menjijikan secara penampilan dan kelakuannya dan tidak berperikemanusiaan. Pendiri yahoo! Jerry Yang dan David Filo mengambil kata itu karena mereka menganggap diri mereka adalah yahoo.

sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=5542824 

0 Responses

Posting Komentar

abcs