Unattended windows

Yang diperlukan untuk melakukan unattended windows adalah :
  • Cd Instalasi atau iso, ini digunakan sebagai source untuk melakukan unattended,diosarankan menggunakan winsows xp service pack 2.
  • nLite, ini adalah software utama yang saya gunakan untuk melakukan unattended. Dalam doftware ini kita dapat melakukan konfigurasi sehingga nanti saat instalasi kita tidak perlu melakukan konfigurasi lagi.
  • WUCD ( Windows Unattended Creator ) adalah software yang digunakan untuk memasukan software-software, dan juga dapat berfungsi seperti nLite.Dalam software ini pula kita dapat melakukan penyetingan bagaimana proses instalasi software abisa secara "terang-terangan" atau "diam diam"
  • WPI ( Winsows Post Instaler ) Sama seperti wucd software ini berfungsi untuk memasukan software. Dalam hakl tampilan WPI lebih baik karena lebih terlihat rapih.
  • Reshack ( Resource Hacker ) adalah software yang digunakan untuk menghack file file yang berekstensi seperti .exe, .dll, cpl.
  • Logon Studio, digunakan untuk mengubah logon.
  • Boot editor, yaitu kita gunakan untuk membuat file booting bsru sgsr tidak lagi berupa gambar default dari windowsnya.
  • Winrar digunakan untuk mengestrak file-file.
  •  Notepad,untuk mengedit beberapa file tertentu dan mengubah setingan didalamnya.
Langkah Kerja :
1. Pertama-tama kita instal terlebih dahuulu NETframework. Ini agar kita dapat menjalankan Nlite.
2. Setelah kita instal NETframework sekarang instalkan nLite.
3.Setelah itu jalankan nLite.
  • Pertama - tama saat kita masuk ke nLite kita diperintahkan memilih bahasa yang akan digunakan selama kita memakai nLite saat melakukan proses.  Sebelumnya kita kopikan dulu seluruh isi CD ke dalam harddisk atau melalui flashdisk, kita bisa lakukan cara kopi pate seperti pada umumnya atau bisa dengan bantuan nLitenya langsung.
  •  
  • Setelah itu kita diperintah untuk menentukan dimana source xp kita berada.

  • Setelah tiu akan muncul jendela dimana jika sebelumnya kita telah melakukan pengaturan akan muncul namanya "last sesion". Last Sesion ini berfungsi pada saat kita masuk ke nLite lagi setelah sebelumnya masuk kita dapat meload aksi - aksi kita pada saat terdahulu. Sehingga kita tinggal melanjutkan saja.
  • Setelah muncul menu "Task Selection " dalam ha ini  kita disuruh untuk menentukan pilihan atau aksi - aksi  apa saja yang akan kita lakukan.
 Disini saya memilih menu Componenet, Unatended, Option, Tweaks, Bootable Iso,
  • Untuk Component, Disini kita dapat menghapus apa saja yang tidak kita ingiinkan.Sebagai catatan sebaiknya tidak enghapus komponen yang berwarna merah.Bila sudah merasa cukup, klik Next.

  • Lalu menu Unattended, dalam jendela ini terdapat beberapa  hal yang perlu kita lakukan, sehingga saat nanti instalasi tdak perlu lagi seperti mengisi key, menyseting regional, dan yang lainnya yang biasa terdapat daat kita melakukan instal ulang. Di Dalam Menu Unattended terdapa beberapa menu diantaranya :
      1. General, pada menu ini berisi setingan secara umum seperti Product Key dan bentuk Unattended kita dan yang lainnya.

 2. Menu RunOnce,pada menu ini kita bisa memasukan software tapi saya tidak mengisinya jadi langsung dilewati.Lalu masuk ke User,disini kita memasukan data pengguna sehinnga nanti saat kita telah menginstal windows Usernya sudah ada. Kita pun bisa langsung membuat beberapa user disini.
3. Lalu menu Owner and Network ID, disini kita mengisikan data tetang Computer Name, Full Name, Workgroup, Orgamization.

4. Selanjutnya menu Regional, disini kita memasukan data tentang dimana kita tinggal, jenis keyboard, bahasa,dan memasukan Zona Waktu.



5. Setelah itu terdapat menu Component, menu ini saya lewati, dan juga menu display saya lewati agar nanti OS yang saya buat dapat menyesuaikan dengan layarnya, lalu menu Automatic Update juga saya lewati.Lalu Menu Dekstop Theme, pada menu ini kita dapat memasukan tema-tema semau kita dan kita dapat mengatur tema default yang akan kita gunakan.

 6.Setelah semua beres diisi nanti akan keluarjendela option.
Setelah itu nanti akan muncul jendela tweaks, pada bagian ini kita dapat melakukan penyetingan seperti pada dekstop.


7. Setelah itu klik next maka proses pembuatan sedang berlangsung.



8. Setelah itu akan muncul jendela untuk membuta iso atau membakar cd ( Burn )



Penggantian winntbbu.dll
Untuk mengganti Proses indatalasi digunakan software winntbbued agar praktis menggunakan reshack juga bisa tapi aga rumit, sehingnga saya sarankan menggunakan winntbbued.
 Cara Penggunaan :
  • Menu File berisi :
  1. Open untuk membuka file winntbbu.dll yang akan kita edit atau yang telah kita edit.
  2. Save untuk menyimpan file yang tealh kita edit.
  3. Save As untuk menyimpan file yang telah kita edit.
  • Menu Edit.
  1. Pada menu ini terdapat pengaturan untuk mengubah tampilan dari proses indtalasi kita. Pengaturan yang terdapat pada menu ini diantaranya :
  2. Font, untuk mengtaur besar kecil dan bentuk dari tulisan kita.
  3. Color, untuk mengatur warna - warna seperti warna tulisan, progress bar.
  4. Picture, untuk mengubah ganbar - gambar diantaranya gambar logo, background, progress animation dan step picture,
  • Menu bilboard, ini untuk mengatur tulisan tulisan yang ada saat instalasi, disini kita bisa ganti semau kita.
  • Setelah saya edit hasilnya seperti ini :

Reshack
Dalam hal ini Rreshack saya gunakan untuk melakukan perubahan terdapat file - file tertentu. Sebelum masuk ke Reshack kita harus melakukan aksi terhadap file yang akan kita edit pada awalnya file yang yang akan kita esit itu perlu di expand terlebih dahulu. Expand adalah misalnya ekstensinya EX_ kita mengexpannya menjadi EXE, Lalu ada pula Makecab ini mengubah sebaliknya dari Expand. Setelah file yang akan kita edit di expand kita masuk ke Reshack. Ddiantaranya :
  • LOGONUI.EXE, ini digunakan untuk proses logon
  • NTOSKRNL.EXE, ini digunakan untuk mengubah boot screen. Biasanya digunakamn untuk komputer berprosesor yang memiliki 1 Core.
  • NTKRNLMP.EXE, ini digunakan untuk mengubah boot screen. Biasanya digunakamn untuk komputer berprosesor yang memiliki 2 Core atau lebih.
  • Shell32.EXE, ini disini kita dapat melakukan pengubahan - perubahan seperti mengubah icon , tampilan logoff, dan seperti animasi pada proses - proses tertentu.
  •  MSGINA.DLL, disini kita melakukan perubahan pada saat proses turn off.

WUCD
WUCD ( Windows Unattended Creator Disk ), dengan software ini saya memasukan software - software caranya :
Pertama - tama kita diperintahkan untuk memilih dimana folder xp kita untuk dimasukan software. Setelah terpilih, pilih yang "Work in source directory. Setelah itu kita dapat melakukan pengaturan.


Setelah pilih Unattended, barang kali setingan kita sebelumnya yang terdapat di nLite hilang. Dal menu ini terdapat opsi :

  • Domain, untuk mengisikan domain, didalmnya terdapat Workgroup, dan Domain.
  • Regional setting, ini untuk menyeting regional.
  • Directory.
  • Monitor untuk mengatur resolusi dan kecerahan layar, dsini daya pilih yang default sama seperti pada nLite.
  • Network, untuk menyseting jaringan.
  • Component.

Selanjutnya menu User disini kita memasukan User pada saat nanti komputer kita diinstal dengan sitstem operasi ini.


Lalu masuk pada pemasukan software dalam memasukan software ini kita perlu perhatikan ada software yang terdapat dalam folder dan ada software tunggal jadi ia tidak berada di dalam folder.


Setelah semua software yang ingin kita masukan telan masuk semua pilih menu "Done" lalu klik save, setelah itu pilih "Create ISO Image " seperti ini :




Setelah itu cek di VMware dan lihat hasilnya.
 Hasilnya sebagai berikut :
Tampilan Default


 Tampilan Logon


 Tampilan logoff


Tampilan Switch User


 
Tampilan Turn OFF





0 Responses

Posting Komentar

abcs