Codec


Codec adalah singkatan dari Code-Decoder (sebagian menyebutnya Compressor-Decompressor) dan digunakan untuk menjelaskan segala sesuatu yang mengubah data kedalam bentuk lain untuk disimpan atau transimisi, dan mengubahnya kembali agar dapat digunakan.
Dalam siaran tradisional, adalah peralatan dalam bentuk fisik yang mengubah video analog dan data audio kedalam bentuk digital untuk disiarkan. Ini juga mempunyai kemampuan untuk mengubah informasi digital yang diterima kembali dalam bentuk analog.
Dalam komputer, codec adalah cara mengkompres video, gambar dan audio kedalam ukuran yang mudah diatur. Kebanyakan codec menggunakan metode kompresi “lossy (hilang)”, namun ada beberapa yang “lossless-tidak hilang”. Codec yang lossless seperti MSU atau Huffyuv, menghasilkan kembali video yang asli tanpa ada data yang hilang ketika dikodifikasi kembali.  Kebanyakan codec lossy menghilangkan beberapa informasi yang tidak perlu tapi dapat menghemat space.
Codec lossy dapat berupa transformatif, prediktif, atau gabungan dari keduanya. Codec transformatif memotong gambar atau suara asli dan menggabungkannya  dalam space yang lebih efesien, kemudian baru dikodifikasi.  Codec yang prediktif membandingkan sekumpulan data yang dekat satu sama lainnya, dan menghapus informasi yang berlebihan  untuk menghemat ukuaran file. Ada banyak bentuk codec, setiap codec berupaya untuk menjaga kseseimbangan antara data yang hilang dengan ukuran data.
Codec MPEG-1 digunakan untuk VCD  dan berisi juga standar untuk MP3, codec audio yang paling banyak dipakai. Support untuk codec-1 sangat besar baik dari computer maupun peralatan film. Kualitasnya pun sangat tinggi meskipun tidak setinggi MPEG-2 yang ukuran filenya sangat besar. Standar audio MP3 mendapat dukungan banyak melalui berbagai codec dan sangat populer untuk solusi kompresi file audio.
Codec MPEG-2 adalah standar kualitas yang tinggi yang digunakan untuk DVD. Sementara codec MPEG-1 hanya memungkinkan scanning progressive. MPEG-2 juga mendukung interlacing yang memungkinkan menampilkan gambar yang lebih bagus.  Msekipuna codec ini bukanlah codec yang paling advance diantara codec-codec lainnya,  MPEG-2 banyak digunakan karena ini adalah standar untuk DVD komerisial.
Codec MPEG-4 adalah  teknologi diatas codec MPEG-2. Ia memiliki banyak kemajuan teknis maupuan teknik kompresi  yang lebih baik. Ia mampu mengatasi interlaced dan progressive scan.  Banyak codec online terkenal di internet berasal dari code MPEG-4. Ini termasuk DivX, 3ivx dan XviD.  Setiap codec-codec ini memiliki sedikit perubahan dari codec MPEG-4 yang asli untuk meberikan hasil dan fungsi kompresi untuk situasi berbeda.
Codec Ogg Theora dan Ogg Vorbis adalah codec audio dan video. Kedua codec ini memiliki kualitas yang tinggi dan kompresi yang bagus dan gratis.  Codec ini merupakan yang paling popular dikalangan developer. RealVideo adalah codec video yang dibuat khusus untuk streaming video online. Meskipun semua codec dapat digunakan untuk streaming, realvideo dan saudaranya realaudio dirancang khusus untuk PNA dan Real Time Streaming Protocol.
Ada ratusan codec di internet dan semuanya memiliki fungsi khusus untuk applikasi tertentu. Banyak program seperti Media Player memliki fitur yang akan mencari secara otomatis codec yang diperlukan untuk memutar video atau audio yang diperlukan sehingga penggunya tidak perlu bersusah-susah untuk mencari codec yang diperlukan.

0 Responses

Posting Komentar

abcs