Laporan Segmentasi Jaringan
Broadcast Domain
Broadcast
Domain secara umum dapat didefinisikan sebagai semua device atau
perangkat yang dapat mengetahui sinyal yang berasal dari perangkat
network tertentu yang berada dalam satu segmen.
Broadcast
domain adalah sebuah divisi logis dari sebuah jaringan komputer, di mana
semua node dapat mencapai atau terhubung satu sama lain dengan
broadcast pada lapisan data link.domain broadcast dapat berada dalam segmen LAN yang sama atau dapat dijembatani
untuk segmen LAN lain.
Dalam hal
teknologi populer saat ini: Setiap komputer yang terhubung ke repeater
Ethernet yang sama atau switch adalah anggota dari broadcast domain yang
sama.Selanjutnya, setiap komputer yang terhubung ke set yang sama dari
switch / repeater saling terkoneksi adalah anggota dari broadcast domain
yang sama. Router dan Higher-layer lainnya merupakan perangkat bentuk
batas-batas antara domain broadcast.
Gambar :
dua buah broadcast domain yang dipisahkan oleh router
Beberapa
hal yang menjadi karakteristik broadcast domain :
· Dipisahkan oleh perangkat yang bekerja
pada layer 3 (network), seperti : router dan switch layer 3.
· Digunakan untuk pengaturan lalu lintas
data dan meniadakan broadcast
§ Menggunakan logical address (IP
address)
§ Menggunakan table khusus untuk
penentuan rute tujuan
Collision domain
Collision Domain adalah segmen jaringan fisik (physical) di mana
paket data dapat bertabrakan dengan satu sama lain ketika dikirim pada
medium bersama, khususnya, bila menggunakan protokol jaringan
Ethernet. Sebuah tabrakan jaringan terjadi ketika lebih dari satu untuk
mengirim paket pada segmen jaringan pada waktu yang sama. Tabrakan
diselesaikan menggunakan carrier sense multiple access atau variannya di mana paket yang bersaing akan
dibuang dan kembali mengirim satu per satu. Hal ini menjadi sumber
inefisiensi dalam jaringan
Situasi ini biasanya ditemukan dalam lingkungan hub dimana
setiap segmen host terhubung ke sebuah hub yang merepresentasikan hanya
satu collision domain dan hanya satu broadcast domain. Collision domain
juga ditemukan dalam jaringan nirkabel seperti Wi-Fi. Hanya satu
perangkat di collision domain dapat mengirimkan pada satu waktu, dan
perangkat lain dalam domain yang mendengarkan jaringan untuk menghindari
tabrakan data. Karena hanya satu perangkat dapat transmisi pada satu
waktu, bandwidth jaringan total dibagi di antara semua
perangkat. Collision juga menurunkan efisiensi jaringan pada collision
domain, jika dua perangkat transmisi secara bersamaan, tabrakan terjadi,
dan kedua perangkat harus mengirim ulang di lain waktu. Untuk
meringankan jaringan collision domain, disarankan untuk menggunakan
switch yang meningkatkan jumlah collision domain, tapi menurun ukuran
setiap domain collision's. Hal ini karena setiap port pada switch adalah
collision domain sendiri.
Beberapa hal yang menjadi karakteristik collision domain :
Ini adalah Collision Domain menggunakan HUB |
Ini adalah Collision Somain dengan menggunakan Switch |
· Dipisahkan oleh perangkat
yang bekerja pada layer 2 (data link), seperit : bridge dan switch layer
2.
· Digunakan untuk mengatur
lalu lintas data (traffic flow).
§ Menggunakan MAC address
untuk identifikasi perangkat.
§ Mengurangi jumlah
perangkat pada sebuah segmen dengan cara memperbanyak jumlah segmen.
Perbedaan Broadcast domain
dan Collision Domain
Perbedaan antara broadcast domain dan collision muncul karena
Ethernet sederhana dan sistem yang serupa menggunakan sistem transmisi
bersama. Dalam Ethernet sederhana (tanpa saklar atau jembatan), frame
data yang ditransmisikan ke semua node lain pada jaringan. Setiap cek
node menerima alamat tujuan setiap frame, dan hanya mengabaikan setiap
frame tidak dialamatkan ke alamat MAC sendiri, atau ke alamat
broadcast. Jika dua node mengirim pada saat yang sama, hasil
tabrakan. Repeater menyebarkan semua frame antara segmen jaringan, dan
tidak mencegah tabrakan, dan dengan demikian juga menyebarkan tabrakan
antar segmen.
Tabel
dibawah merupakan perbedaan interface yang menggunakan collision domain
dan broadcast domain.
Perangkat
|
Memecah
collision Domain
|
Memecah
broadcast domain
|
Mem-filter
|
Repeater
|
Tidak
|
Tidak
|
Tidak
|
Hub
|
Tidak
|
Tidak
|
Tidak
|
Bridge
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Switch
|
Ya
|
Tidak
|
Ya
|
Switch
dengan VLAN
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Router
|
Ya
|
Ya
|
Ya
|
Broadcast domain dan collision domain harus dibagi – bagi atau
diperkecil agar tujuannya untuk meningkatkan performa network dan untuk
mencapai tujuan tersebut,biasanya digunakan perangkat network khusus
seperti router dan switch layer 3
Pada
network Ethernet, frame yang berasal dari computer source akan selalu
diterima oleh semua computer yang menjadi bagian dari networknya
tersebut. Hal ini merupakan kondisi yang kurang baik, karena semua
computer akan menerima data walapun tidak memerlukannya.
Perangkat
seperti switch atau bridge dapat mempelajari alamat hardware setiap
computer dan hanya akan meneruskan frame ke computer tujuan, perangkat
tersebut mampu membagi network menjadi segmen – segmen yang lebih kecil.
Dalam hal tersebut computer seolah – olah telah diberi suatu jalur
khusus untuk mencapai computer tujuan, sehingga bandwitch atau kecepatan
dtransfer data secara penuh dapat tercapai.
II. Tujuan
- Siswa dapat membedakan antara Broadcast dan Collision Domain
- Siswa memehami tentang Broadcast Domain dan COllision Domain
III. Alat dan Bahan
- Topologi untuk di analisa
IV. Langkah Kerja
- Cari sebuah Topologi.
- Setelah itu analisa dan Teliti terdapat berapa Broadcast Domain dan berapa Collision Domain pada topologi tersebut.
V. Hasil Kerja
Dari analisa yang kami lakukan pada topologi tersebut terdapat :
Broadcast Doomain : 1
Collision Domain : 5
- Broadcast Domain hanya 1 karena jalur pengiriman data hanya pada jalur-jalur tersebut tidak digunakan perangkat ain untuk menggabungkan beberapa jaringan. hanya terdiri dari 1 jaringan.
- Collision Domain ada 5 karena peraatan yang digunakan untu membuat jaringan adalah hub yang mana hub itu mau ada beberapa komputer di dalamnya tetap saja dihitung 1 Collision Domain karena tidak ada jalur lain. Disini Hub ada 3 dan media penghubungnya (kabel ada 2) sehingga ada 5.
VI.Kesimpulan
Jadi untuk Broadcast Domain selama tidak menggunakan perangkat penghubung 2 jaringan seperti Router masih dihitung 1. LAlu untuk Colision Domai jika menggunakan SWwitch jumlah banyaknya Collision Doamin sesuai banyaknya port yang terpakai, sedangkan Hub mau ada beberapa komputer yang terhubung didalamnya tetapsaja dihitung 1.
Posting Komentar